Kepiting Saos Padang

Kepiting .... hmmm nyummy, merupakan salah satu jenis seafood yang mungkin banyak digemari oleh orang. Salah satu penggemarnya adalah saya. 

Kepiting dimasak apapun saya suka. Kadang hanya direbus pun rasanya enak,gurih dan agak manis. Apalagi kalau diberi bumbu lainnya seperti dimasak asam manis atau saos Padang. 


Yang saya suka dari kepiting selain dari rasanya juga karena ada tantangan untuk makan makanan tersebut. Keluarga besar saya kebanyakan males makan kepiting, karena untuk makannya saja ribet, mesti 'ribet' dulu dengan cangkangnya, padahal itu kenikmatan tersendiri bagi saya untuk memakannya (saingan jadi berkurang, hehehehe....).

Biasanya kalau makan ayam bakar atau ikan bakar, kita bisa langsung menyantapnya, tanpa ribet, tapi kalau makan kepiting mesti kupas-kupas itu cangkangnya. 

Meskipun kalau di restoran seafood biasanya sudah dipotong-potong sehingga kita mudah memakannya. Kepiting merupakan salah satu sumber protein. Namun begitu kalau berlebihan bisa menimbulkan kolesterol (mesti tetap menjaga pada porsinya, ga boleh berlebihan). 

Kalau kita makan di restoran seafood harganya wow lumayan mahal untuk satu porsi kepiting. Nah supaya puas, biasanya saya beli kepiting sendiri ke pasar, lalu dimasak sesuka hati. Hehehehe.... Harga sekilo kepiting di pasar sini Rp. 30.000, isinya sekitar 6-7 ekor. Cukuplah untuk kami sekeluarga. 

Dalam hal makan kepiting, anak-anak lebih suka kalau hanya direbus saja, nanti dicocol pakai sambal. Sementara saya lebih suka dimasak saos Padang. 

Untuk masak kepiting saos Padang resepnya bisa kita dapatkan dari googling. Setelah 2-3 kali masak rasanya bisa kita sesuaikan selera.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak kepiting saos Padang adalah sebagai berikut :
-         - Bahan :
· 1 kg kepiting
· 1 buah bawang bombay
· Daun salam secukupnya
· 2 sdm saos tomat (jika tidak ada saos tomat, bisa diganti dengan 1-2 buah tomat yang diiris)
· 2 sdm saos sambal
· 2 sdm saos tiram
· Garam secukupnya
· Lada secukupnya
· Sedikit gula pasir
· Minyak untuk menumis
-     
          - Bumbu yang dihaluskan:
· 10 buah cabe merah
· 10 buah cabe rawit (saya pakai rawit merah)
· 5 siung bawang merah
· 5 siung bawang putih
· 1 ruas kunyit
· 3 butir kemiri

Cara membuat:
  - Kepiting direbus sampai berubah warna (jangan terlalu lama). Setelah agak dingin bisa dibelah supaya nanti bumbu meresap. Sisihkan
  - Tumis bawang bombay sampai terasa harum
  - Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan beserta daun salam, aduk rata
  - Masukkan saos tomat, saos sambal dan saos tiram, aduk rata
  - Masukkan kepiting dan tambahkan sedikit air
  - Lalu tambahkan garam, lada dan sedikit gula pasir (sesuai selera)
  - Aduk rata dan diamkan beberapa saat sampai bumbu meresap dan kuahnya agak mengental
  - Setelah itu siap dihidangkan








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kepiting Saos Padang"

Post a Comment