Persepsi Sosial Visual Logo TK Al Hijrah

 

Persepsi Sosial Visual Logo TK Al Hijrah


 


   

Pada tahun 2014 mencoba rebranding Logo TK Al Hijrah Tytyan Kencana Bekasi, TK Al Hijrah di bawah naungan Yayasan Alhijrah yang berdiri pada tahun 1995. Tujuan berdirinya TK Al Hijrah sendiri adalah mengembangkan kepribadian, potensi anak, menamkan keimanan dan ketaqwaan serta memberikan penetahuan membaca dan menulis anak.

TK Al Hijrah sendiri untuk biaya pendidikan dikategorikan murah karena mereka lebih menyasar kepada masyarakat yang ekonomi menegah ke bawah. Dengan biaya spp RP 100.000,- pada saat itu, serta ada kesempatan supsidi untuk masyarakat yang tidak mampu untuk mendapatkan pendidikan awal kepada anak-anak mereka.

Saya Sendiri mencoba rebranding logo TK Al Hijrah menjadi Bintang segidelapan tulisan TK Alhijrah serta menggunakan takeline “Cerdas dan Berakhlak Mulia”, dan maskot Fathon. Sebelumnya saya membuat sketsa untuk di asistensi ke dosen mata kuliah.

Sketsa dan Pewarnaan Logo


Logo TK Al Hijrah  ini memiliki target market pria dan wanita, yang berusia 20 – 50 tahun, SES B dan C, tinggal di perkotaan. Mereka adalah orang-orang yang sudah dewasa dan sudah menikah dimana yang memilki anak - anak usia TK.

 Mascot Fathon


 

 

Untuk mengetahui logo ini bisa dikatanan merepresentasikan sesuai dengan keinginan, kita perlu mengetahui apakah sudah  terdapat 5 prinsip persepsi sesuai dengan teori.

1. Persepsi Berdasarkan Pengalaman

Pada persepsi ini, TK Al Hijrah memberikan kesan ketegasan dan kejelasan visual, sehingga audiens percaya.

2. Persepsi Bersifat Selektif

Pada logo TK Al Hijrah menggunakan visual bintang segi delapan untuk menimbulkan kesan yang familiar, penggunaan warna yang cerah yang menimbulkan hangat dan ceria sebagai representasi anak-anak yang selalu ceria dan aktif.

3. Persepsi Bersifat Dugaan

Untuk logo TK Al Hijrah menimbulakan persepsi dugaan yang muncul tentang sekolah berbasis pada materi Islam. Karena dari logo sendiri menampilkan bintang segi delapan yang dikenal dengan kemakmuran dan kemajuan dunia Islam adalah informasi yang bisa di dapat serta takeline “Cerdas dan Berakhlak Mulia”

4. Persepsi Bersifat Evaluatif

Dari logo ini sendiri memberi persepi kepada audiens bahwa TK Al Hijrah adalah tempat yang tepat untuk mendidik anak-anak mereka berdasarkan pengalaman dan informasi positif dari audiens lain yang pernah mamasukan anak-anak mereka ke TK Al Hijrah. 

5. Persepsi Bersifat Konstektual

Logo TK Al Hijrah menimbulkan persepsi kontekstual karena keberadaannya di lingkungan Masjid dan tempat paling dekat di peurmahan dan tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi anak-anak sudah bisa sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persepsi Sosial Visual Logo TK Al Hijrah"

Post a Comment