Apa Itu Quick Count Pada Saat Pemilu..

 

 Apas sih yang di maksud dengan Quik Count ????

 


 Halo teman-teman Deolov hari ini kita coba membahas tentang quick count yqng lagi rame setelah hari pencoblosan tanggal 14 Februari 2024.

Quick count adalah metode hitung cepat hasil pemilu dengan menggunakan sampel TPS yang dipilih secara acak. Quick count bukan hasil resmi, melainkan hasil bayangan berdasarkan survei dari beberapa lembaga.  Quick count biasanya sudah bisa diketahui beberapa jam setelah penutupan pemungutan suara.  Quick count menggunakan teknik probability sampling, yaitu mengambil sebagian dari seluruh populasi secara acak untuk dijadikan sampel. Unit sampel dari quick count yang diteliti adalah TPS, tepatnya hasil perolehan suara TPS.

 Salah satu metode yang digunakan dalam pelaksanaan quick count adalah metode stratified random sampling.  Metode ini dapat memungkinkan setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel,  sehingga proses pengukuran dapat dilakukan dengan melibatkan sedikit sampel.

Quick count berguna untuk memverifikasi hasil pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah berdasarkan hasil yang diperoleh dari sejumlah TPS yang dijadikan sampel. Quick count juga dapat memberikan gambaran awal tentang kecenderungan pemenang pemilu. Namun, quick count tidak dapat digunakan sebagai dasar penetapan hasil pemilu, karena hanya KPU yang berwenang mengumumkan hasil resmi pemilu. sampai disini yah teman-teman Deolov untuk penjelasaanya

Jangan lupa di share yahhh 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Quick Count Pada Saat Pemilu.."

Post a Comment