Puding Lumut yang lembut dengan Butter


Mumpung punya waktu sedikit senggang ceritanya kepengin buat puding lumut. Udah lama ga buat puding itu soalnya banyak kerjaan (padahal emak-emak ga bekerja, tapi sok sibuk yaa, hikss...😀) Kepengin beda dari yang biasanya dibuat, kali ini mau membuat puding lumut dengan bagian atasnya diberi lapisan butter. Semoga anak-anak suka...

Untuk membuat puding lumut tersebut bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1. Bahan puding lumut :
    - 2 bungkus agar-agar plain
    - 4 butir telur ayam
    - 4 bungkus santan instant (ukuran 65 ml)
    - 2 sendok teh essens pandan
    - 2 sendok teh essens vanila
    - 1200 ml air 
    - 300 gram gula pasir (sesuai selera jika ingin lebih manis)

2. Bahan lapisan butter :
    - 1 bungkus agar-agar plain
    - 4 butir kuning telur
    - 100 gram butter atau mentega cair
    - 600 ml air
    - 5 sachet susu kental manis (ukuran 40 gram) atau bisa juga dengan setengah kaleng susu kental manis, bisa disesuaikan)
    - 4-5 sendok makan gula pasir
    - 1 sendok makan essens vanila
    - sejumput garam

Cara membuat:
1. Puding lumut :
Siapkan tempat atau baskom untuk adonan puding. Masukkan telur ayam dan dikocok sampai tercampur secara rata. Setelah itu tambahkan gula pasir, agar-agar plain, santan instant, essens pandan, essens vanila, air dan gula pasir. Selanjutnya adonan tersebut diaduk sampai rata dan tidak ada lagi gumpalan-gumpalan.



Setelah itu pindahkan ke panci dan masak dengan api sedang. Aduk-aduk supaya tidak ada endapan di bawah dan tercampur sempurna. Ketika mendidih akan mulai muncul lumutnya. Untuk mendapatkan lumut yang halus maka diaduk-aduk lagi secara perlahan. Setelah lumutnya sudah terlihat banyak dan halus, matikan apinya. Selanjutnya kita diamkan beberapa saat (sekitar 3-5 menit atau sampai agak hangat) sambil disiapkan cetakannya.


Setelah agak hangat adonan puding dituang ke dalam cetakan. Saya tuang ke cetakan sekitar 2/3 bagian (karena nanti atasnya akan dikasih butter). Saya menggunakan cetakan puding yang biasa, supaya nantinya kalau anak-anak membawa ke sekolah, tinggal ambil ga perlu dipotong-potong lagi. Sisihkan puding tersebut dan segera disiapkan adonan butternya.



2. Membuat adonan  butter.
Untuk membuat butter, siapkan mangkok atau tempat lainnya yang ukurannya tidak terlalu besar. Selanjutnya masukkan kuning telur dan kocok lepas sampai tercampur rata. Setelah itu tambahkan butter, susu kental manis (saya menggunakan susu kental manis putih), garam dan essens vanila.Selanjutnya adonan tersebut dikocok sampai tercampur rata.



Selanjutnya siapkan panci dan masukan agar-agar, gula pasir dan air. Masak agar-agar dan gula pasir tersebut sampai mendidih sambil diaduk-aduk. Setelah mendidih, matikan api terlebih dahulu dan ambil sebagian campuran agar-agar (sekitar 1-2 centong) serta masukkan ke dalam campuran butter tadi lalu kocok cepat. Jika sudah tercampur, masukkan adonan butter tersebut ke dalam panci yang berisi agar. Kemudian nyalakan apinya lagi sambil diaduk-aduk. Tunggu sampai mendidih dan matikan apinya.



Setelah itu adonan butter dituangkan ke dalam puding lumut tadi (lapisan atas puding sudah mulai agak mengeras, sehingga bisa dimasukkan adonan butter). 


 


Tarapp......, puding lumut dengan lapisan butter su jadi... 😍😍. Siap santap....



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puding Lumut yang lembut dengan Butter"

Post a Comment