LIBURAN KE KEBUN RAYA BOGOR (bag 3)

Nah lanjut yaa, saya dan anak-anak masuk ke KRB melalui pintu utama yang berada dekat pertigaan pasar Bogor. Kalau masuk dari situ ada 2 pintu, yaitu pintu untuk pejalan kaki dan pintu bagi yang membawa kendaraan. Karena kami tidak bawa kendaraan, kami masuk melalui pintu untuk pejalan kaki. Masuk ke dalam situ kemudian antri membeli karcis. Harga karcis masuk ke KRB untuk domestik sebesar 14 ribu rupiah per orang, sementara untuk wisatawan asing sebesar 25 ribu rupiah per orang. Harga karcis tersebut sudah termasuk Museum Zoologi, retribusi pemkot Bogor dan asuransi.

Nah sekarang kita sudah berada di dalam KRB. Tempat-tempat apa saja yang kita kunjungi di KRB, yuk ikutin.

1. Monumen Lady Raffles

Tempat pertama yang akan ditemui setelah masuk KRB adalah monumen Lady Raffles. Monumen ini terletak di dekat pintu masuk utama KRB. Bangunan ini didirikan oleh Sir Thomas Stamford Raffles, seorang Letnan Gubernur Inggris untuk mengenang istrinya yang bernama Olivia Mariamne Raffles yang telah meninggal terlebih dahulu karena sakit malaria. Di monumen ini terdapat puisi yang ditulis oleh Olivia Mariamne.

Monumen Lady Raffles

2. Kolam gunting
Kolam ini terletak tidak jauh dari Tugu Lady Raffles. Apabila dari arah Tugu Lady Raffles, kolam tersebut akan terlihat. Jika kita ikuti, kolam tersebut akan sampai pada belakang istana Bogor.

Kolam gunting

3. Tugu Reinwardt
Di bagian ini kita bisa lihat sebuah tugu yang dinamakan Tugu Reinwardt. Pada tugu tersebut tertulis bahwa pendirian Kebun Raya Bogor oleh Ahli Botani Jerman yang bernama C.G.K. Reinwardt (Caspar Georg Karl Reinwardt) pada tahun 1817. Dari sisi tersebut kita bisa melihat bagian belakang dari Istana Bogor dan dibatasi oleh kolam gunting. 

Tugu Reinwardt

4. Taman dan Tugu Teijsmann
Jika kita membalikkan badan kita dari Tugu Reinwardt kemudian berjalan menyusuri jalan setapak tersebut nanti kita akan temui taman dan tugu Teijsmann. Tugu tersebut diberi nama Teijsmann karena untuk mengenang ahli botani dari Belanda yang bernama Johannes Elias Teijsmann.

Tugu Teijsmann

Sisi lain dari tugu Teijsmann dapat kita lihat pohon-pohon yang sangat indah dipandang.

Sisi lain dari Tugu Teijsmann

5. Jembatan Merah
Salah satu tempat yang menarik di KRB adalah jembatan merah atau jembatan gantung. Di bawah jembatan tersebut mengalir sungai Ciliwung. Orang-orang banyak yang menyebut sebagai jembatan pemutus cinta. Konon katanya ada mitos yang menyebutkan bahwa apabila sepasang kekasih melewati jembatan ini maka kisah kasihnya akan berakhir. Wallahualam. 


Jembatan Merah


6. Monumen Kelapa Sawit
Monumen ini boleh dibilang masih baru, karena baru dibangun pada tahun 2013. Monumen ini dibangun untuk mengenang induk pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang ditanam di Kebun Raya Bogor pada tahun 1848.

Monumen Kelapa Sawit
7. Teratai raksasa
Teratai raksasa atau Giant Waterlily atau dengan nama latin Victoria amazonica adalah teratai yang bisa ditemukan di Kebun Raya Bogor. Tanaman ini berasal dari sungai Amazon yang memiliki daun yang sangat lebar dan bunga yang cukup spektakuler. Namun sayangnya pada saat ke sana bunga teratai belum bermekaran. 

Teratai raksasa (Giant Waterlily)

Sepertinya ada yang terlewat nih yaitu museum Zoologi. Nantikan artikel selanjutnya.☺☺☺










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LIBURAN KE KEBUN RAYA BOGOR (bag 3)"

Post a Comment